Membangun Hotspot Cafe Murah Berkualitas

28 05 2010

Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin mudah dan murah pula teknologi itu bisa didapat, dulunya yang membangun hotspot cafe bisa dikatakan tidak mungkin karena biayanya yang mahal, sekarang hampir setiap cafe memiliki hotspot untuk meningkatkan penjualan, nah bagaimanakah pembangun hotspot di cafe tersebut?

– langkah pertama yang harus dilakukan adalah daftarlah pada suatu ISP (jasa layanan internet) disini saya lebih condong ke telkom speedy karena lebih murah dan untuk kualitas yang cukup lumayan, untuk pendaftaran bisa langsung datang ke kantor telkom pusat terdekat, untuk persyaratan pemasangan speedy tidak terlalu rumit yaitu : Foto Copy KTP, Kartu Keluarga atau Surat Kontrak Rumah atau Toko, biasaya proses registrasi dan pemasang akan memakan waktu 3 hari dan internet speedy siap dipasang dirumah

– langkah kedua adalah beli pemancar sinyal atau yang disebut Acces Point, disini saya menyarankan memakai merek BLUE-LINK R30G, harga hanya Rp.235.000,- terjangkau dan kualiatas cukup lumayan, jika anda ingin yang lebih bagus bisa memakai merek EDIMAX BR-6204WG hanya Rp. 555.000,-

– langkah ketiga yaitu teknis pemasangan, untuk pemasangan cukup mudah, yang pertama dilakukan adalah penyetingan modem, untuk penyetingan modem biasanya sudah dilakukan oleh teknisi speedy jadi kasus selesai, note : minta teknisi merubah password modem dan jangan lupa anda mencatatnya, jika anda ingin belajar setting modem sendiri anda bisa baca disini “setting modem”

– langkah selanjutnya adalah melakukan settingan pada Access Point, untuk penyetingan Access Point Edimax 7206 anda bisa baca disini “setting Acces Point Edimax 7206” untuk penetingan Acces Point yang lain sebenarnya mudah, anda tinggal lihat di manual book nya. note : jangan lupa ganti password default Acces Point dan Memberikan Password ketika pelanggan terkoneski dan juga disabled ip address di Acces Point Karena dari Modem sudah diberikan IP Address Otomotis.

– langkah terkahir adalah melakukan pemasangan, pemasangan Modem ke Acces Point Juga sangat lah mudah, pang kabel LAN di Port LAN modem Speedy ke Port LAN Acces Point, Jadi dech… hotspot bisa digunakan, jika masih bingung tanya aja ama nay..

membangun-wireless-network-configuration

— semoga bermanfaat —


Aksi

Information

18 responses

28 05 2010
Ali

wah… bagus artikelnya nay… karena ku lagi mo coba buka cafe hotspot, makasi ya.. ntar kalo aku gatau mohon dibantu ya… thanksss

28 05 2010
nayrisa

sama2 kang ali… kita siap bantu kalau2 kang ali ada permasalahan, hehehe ntar kalo dah buka cafenya jangan lupa undang2 kita ya.. hehehe

28 05 2010
maisarah

good posting… aku ga nyangka kalo buka hotspot ternyata murah… karena selama ini yang msuk proposal mahal2 banget.. thankss, iam try…

28 05 2010
nayrisa

sama2 mbak maisrah… semoga sukses try nya… hehehe

29 05 2010
Joe TZ

good artikel… bisa nambah wawasan….

29 05 2010
nayrisa

makasih mas Joe TZ, semoga bermanfaat bagi kita semua

31 05 2010
yudha

hot spot dan makan di warung bamboe selain murah di hibur pasukan cilik

31 05 2010
apip10

wah,, saya dulu terlanjur beli acsses point 700rb,, kemahalan… T_T

3 06 2010
aguestri

Wah keren gan, ane emank bikin hot spot buat calon tempat usaha aku heheeh

4 06 2010
nayrisa

ditunggu kerja samanya kang aguestri, thankss

9 07 2010
PeLuang BisNis HoTspot « nayrisa.hotspot

[…] Lihat juga artikel terkait :  membangun-hotspot-cafe-murah-berkualitas […]

11 07 2010
Nedi Irawan

Artikel yg sesuai dg kebutuhan saya saat ini, karena gini nay… saya berniat buka usaha hotspot berbayar. Beberapa langkah untuk membangun hotspot alhamdulillah sudah saya pahami, tinggal teknisnya aja yg harus saya pelajari sedikit lagi.

Di hotspot saya nanti tentunya ada kelebihan yg saya tawarkan, yaitu speed yg lebih tinggi dibanding hotspot gratisan yg sudah ada.

Berbeda dg cafe-cafe yg menyediakan hotspot gratis namun harus membeli makanan atau minuman. Konsep yg saya buat adalah pelanggan bisa membeli voucher internet saja atau makanan/minuman saja, atau keduanya terserah pelanggan.

Sebenernya calon pelanggan jumlahnya sudah cukup banyak, tinggal bagaimana caranya buat menarik pengunjung sebanyak mungkin..

Eh ya… ada satu Lagi… rencananya saya jg mau memberikan fasilitas file server buat pelanggan. Seperti File2 Movie, eBook, Music, koleksi-koleksi lainnya ada di server sendiri khusus buat para member.. Tapi masalahnya saya belum paham bener cara membuatnya…

Mohon pencerahan…. Atau ada saran/tips buat usaha saya… terimakasih…

12 07 2010
nayrisa

@kang nedi : inovasi yang bisa kang nedi lakukan adalah membuat hotspot berlogin dan iklan di hotspot berlogin alias menu makanan dan minuman dicantumin di tampilan login, dan membuat fitur online, jadi pelanggan bisa pesan langsung melalui chat!!! yang dibutuhkan adalah mikrotik dan settingannya

untuk file server, kang nedi harus punya cpu yang nyala terus, untuk spek saran nay minimal P4 memori 1Gb dan hardisk minim 80Gb, sistem operasi kang nedi bisa pake WINDOWS XP aja dan aplikasi yang bisa digunakan adalah XAMPP, program yang simple, mudah dioperasikan dan aman, untuk XAMPP program free, bisa didownload di http://sourceforge.net/projects/xampp/files/

— semoga bermanfaat —

12 07 2010
Nedi Irawan

Kepalang konsultasi yah nay… boleh kan..? 😀
Rencana saya file servernya nanti sekaligus sebagai PC proxy & manajemen bandwidth jg. Untuk OS-nya saya pake linux ubuntu (XAMP bisa jalan di ubuntu?). Walaupun saya belum begitu familiar dg ubuntu, tp saya mau coba karena katanya OS ini lebih handal dibanding Windows OS apalagi ditambah mikrotik router.
Kalo boleh nih… tolong buat postingan tentang cara setting mikrotik di ubuntu donk?
Kalo setting mikrotiknya saya pake windows (buat setting wktu pertama kali aja), bisa nggak nantinya dipeke sistem linux ubuntu buat PC-proxy?
Untuk sistem billingnya,, ada saran ga’ dari nay bagusnya saya pake yg mana?

Duh.. pertanyaannya banyak bgt yah..?! 😛
Minta tolong disupport, soalnya saya pemula bgt nih…

16 07 2010
nayrisa

di linux namanya LAMPP bukan XAMPP, bisa pake linux buat proxy itu juga lebih bagus… untuk billing kan udah ada mikrotik hotspot, itu juga bisa digunakan untuk billing

4 12 2010
Info-Taekwondo

Wach info menarik. tapi untuk atur jaraknya bisa gak?
supaya hanya area yang kita inginkan saja gitu…

9 12 2010
nayrisa

@Info-Taekwondo: bisa dengan cara mengicilkan chanel

16 01 2011
pEnGertian dB pada wireless

[…] Membangun Hotspot Cafe Murah Berkualitas Cara MenGamanKan JariNgan Wireless LAN […]

Tinggalkan komentar