fUngSi alAt jAringAn…

9 05 2010

Biar temen2 ga bingung, nich Nay kasih penjelasan singkat tentang alat jaringan…

1. Access Point

AcCess PoInt

AcCess PoInt

Access Point => sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel si client, di access point inilah koneksi internet dari tempat kamu dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin tinggi kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

2. Kabel Pigtail/ Kabel Jumper

PiGTaiL

PiGTaiL

Kabel Pigtail atau kabel jumperl diperlukan untuk menghubungkan antara antena omni dengan dengan access point, perhatikan panjang maksimal yang diperlukan hanya 1 meter, selebih dari itu anda akan mengalami degradasi sinyal (loss dB) Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point kamu.

3. Antena OMNI

antena OMNI

antena OMNI

Untuk memperluas coverage area hingga beberapa Kilometer, anda memerlukan antena omni eksternal, meski ketika anda membeli access point sudah dilengkapi antena omni, namun belumlah cukup karena hanya berkekuatan sekitar 3-5dB, untuk memperluas area jangkauannya, anda memerlukan antena Omni eksternal, yang rata-rata berkekuatan 15dB.
Antena Omni ini memiliki pancaran atau radiasi 360 derajat, jadi cocok bisa menjangkau client dari arah mana saja. Merk Antena Omni yang direkomendasikan, adalah Hyperlink, Finetic, tapi jika dana anda terbatas tak ada salahnya anda melirik antena omni buatan lokal.

4. BOX Access Point

box AP

box AP

Untuk melindungi access point,  diperlukan pelindung berbentuk kotak, bisa terbuat dari plastik atau plat besi, rata-rata kotak ini sudah dilengkapi dengan kunci pengaman, dan box ini memang harus diletakkan persis di bawah antena.

5. Kabel UTP / STP

UTP

UTP

Ternyata kabel juga diperlukan lho untuk membangun wireless, kabel UTP/STP ini diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal anda, jadi di bawah dia bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch, pilihlah kabel UTP/STP yang berkualitas baik guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.

6. POE (Power Over Ethernet)

"POE"

"POE"

Alat ini berfungsi untuk mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP, dengan adanya POE maka access Point dapat dinyalakan tanpa perlu repot mengulur kabel listrik ke atas tower. Sehingga lebih hemat n praktis…


Aksi

Information

4 responses

10 05 2010
Mohammad Azis Faotni

Uweh..bagus2..
Nambahi saja Bos, sebenere kita bisa berhemat tanpa menggunakan POE, carany dg melewatkan power untuk access point dalam kabel UTP, sebere sama seh degan POE, cuma ini versi kreatif saja.Hehehe..Maklum, orng Indonesia, terlalu kreatif.

Konkretnya gni bos, pada kabel UTP sebenarny hny 4 pin yan dgunakan, yaitu pin no.1, 2, 3 dan 6. Nah sisa pin yang lain seperti pin no.4, 5, 7 dan 8 tidak digunakan, hanya digunakan untuk mengurangi noisy, tidak digunakan untuk transfer data. Nah ambil adapter dari access point. potong ujungny, tp jangan pendek2, kuliti di kedua sisinya, kemudian, pada saat cramping, masukan pula kabel yang tlah dikuliti tersebut di kedua ujung konektor,pastikan jgan sampai terbalik. Pastikan d tempatkan di pin yang nggak dgunaka tersebut, contoh pin 7 dan 8. Kemudian cramping kedua ujungnya.🙂, Kreatif.

Peringatan..

DON’T TRY THIS AT HOME..:)

10 05 2010
nayrisa

wah… makasih mas Aziz buat ide kreatifnya…
Don’T TrY tHis at Home bUt tRy thIs at OffiCE🙂

29 12 2010
yance

Makasih banyak boss info nya komunikatif banget buat berbagi ilmu, soalnya gue baru belajar masang nih.. he…. he…
kalo perlu konsultasi masalah hardwere laptop boleh sama kita.
tkb.

20 01 2011
nayrisa

@yance : sippp kang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: